Krakatau Steel Sangkal Jatahkan Saham IPO bagi Pejabat

JAKARTA – Manajemen PT Krakatau Steel (KS) menyangkal telah menyediakan jatah bagi pejabat pemerintah untuk mendapatkan saham perdana (IPO) perseroan, sehingga banyak pihak tidak mendapatkan jatah saham. Harga saham KS yang ditetapkan Rp 850 per unit, dialokasikan bagi investor jangka panjang.

“Kami tidak akan melakukan hal-hal curang semacam insider trading. Tidak ada alas an bagi kami untuk melakukan hal tidak terpuji semacam itu,” ujar Direktur Utaka MS Fazwar Bujang kepada Investor Daily di Jakarta, Kamis (28/10).

Fazwar menegaskan, selama ini pihaknya dengan susah payah membangun imej KS. Secara pribadi, dia juga tidak mau terganggu dengan isu-isu menyesatkan seperti itu. “Untuk apa kami susah-susah keluar negeri untuk mengenalkan KS, kalau ujungnya hanya untuk melakukan itu,” ujar dia.

Sumber Investor Daily di pasar modal menyebutkan, hingga kini saham IPO KS sudah habis sebelum masa penawaran saham selesai. Beberapa investor kesulitan untuk mendapatkan saham perusahaan baja pelat merah tersebut.

Harry M Supoyo, direktur utama PT Mandiri Sekuritas, selaku penjamin pelaksana emisi (underwriter) KS menuturkan, harga saham KS sebesar Rp 850 per lembar diperuntukan bagi investor jangka panjang, bukan investor yang mencari margin trading pada saat listing di Bursa Efek Indonesia. “Tidak ada oknum yang dapat karena permintaan-permintaan pejabat,” ujarnya di Kantor Kementerian BUMN.

KS berniat mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 10 November 2010. Perseroan akan melepas 20% saham sebanyak 3,15 miliar pada harga Rp 850 per saham. Dalam aksi korporasi ini, KS dibantu oleh tiga penjamin pelaksana emisi, yaitu PT Mandiri Sekuritas, PT Bahana Securities, dan PT Danareksa Sekuritas.

Menurut Harry, masa penjatahan tidak ditentukan seketika. Masa penjatahan dilakukan jauh setelah masa efektif dan penawaran. "Penjatahan itu bukan setelah efektif, tapi setelah masa penawaran tiga hari, semua order dikumpulkan, baru dibuat penjatahannya," ujar dia.

Kepala Biro Penilaian Keuangan Perusahaan dan Sektor Riil Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) Anis Baridwan juga membantah terjadi insider trading dalam rencana penawaran saham perdana KS yang akan dicatatkan pada 10 November 2010.

Menurut Anis, insider trading bisa terjadi jika saham KS mulai dicatatkan di lantai bursa. Prinsip indisder trading itu harus ada trader, sedangkan saat ini KS belum ada sahamnya dan masih melakukan penetapan harga (book building).

"Bagaimana mungkin ada insider trading, perusahaan belum mencatatkan sahamnya. Karena itu tidak mungkin ada insider trading," kata dia. (investor daily)
Krakatau Steel Sangkal Jatahkan Saham IPO bagi Pejabat Krakatau Steel Sangkal Jatahkan Saham IPO bagi Pejabat Reviewed by Admin on 04.42 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.