Jual Sleeping Bag: Tips Memilih Sleeping Bag yang Tepat untuk Mendaki Gunung


Sering melakukan kegiatan outdoor seperti naik gunung tentu memerlukan berbagai perlengkapan yang lengkap yang harus dibawa. Salah satu yang tidak boleh ketinggalan adalah sleeping bag. Sleeping bag atau kantong tidur memiliki fungsi utama untuk menjaga tubuh agar tetap hangat saat tidur di ruangan outdoor. Sleeping bagi memiliki cara kerja menjaga tubuh tetap hangat dengan menahan udara keluar masuk. Mencari tempat jual sleeping bag terbilang cukup mudah untuk Anda temukan di berbagai offline store maupun toko online.


Sleeping bag memiliki peran yang cukup penting agar tidur Anda nyaman saat di ruangan outdoor seperti pegunungan yang di malam hari bersuhu dingin. Dengan kualitas tidur yang nyaman akan membuat Anda bisa melakukan pemulihan tenaga agar bisa dipergunakan kembali untuk kegiatan mendaki. Sehingga kondisi Anda tidak mudah drop, lebih konsentrasi, dlsb. Selain itu Anda juga bisa terhindar dari kemungkinan hypothermia yang sering dikhawatirkan terjadi saat pendakian gunung. mengingat pentingnya kegunaan sleeping bag untuk aktivitas pendakian gunung, maka memilih perlengkapan yang satu ini tidak bisa Anda lakukan dengan cara sembarangan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, antara lain sebagai berikut:

  1. Bentuk sleeping bag.
Sleeping bag secara umum memiliki dua macam bentuk, yaitu sleeping bag dengan bentuk mumi dan bentuk selimut atau tikar. Sleeping bag dengan bentuk mumi dirasa lebih cocok untuk kegiatan mendaki gunung karena dinilai lebih bisa menghangatkan tubuh dengan baik. Sedangkan untuk sleeping bag bentuk selimut atau tikar biasanya lebih banyak digunakan untuk mereka yang hobi melakukan traveling atau backpacking. Selain itu ada juga bentuk lainnya yang memiliki lubang pada tangan. Tipe bentuk ini akan membuat penggunanya lebih mudah bergerak dibandingkan dengan yang berbentuk mumi maupun selimut.

  1. Pilihlah sleeping bag yang memiliki penutup kepala.
Saat membeli dari tempat jual sleeping bag, sebaiknya pilihlah yang sudah dilengkapi dengan penutup kepala. Sehingga bisa menghangatkan telinga maupun pipi Anda dan bisa menghindarkan Anda dari hypothermia yang dirasakan.

  1. Bahan sleeping bag.
Di pasaran, perlengkapan tidur outdoor yang satu ini dijual dengan berbagai pilihan bahan dengan fungsi yang berbeda-beda. Mulai dari bahan parasit, sintetis (polyester), Dacron, dan polar. Untuk Anda yang menggunakan sleeping bag untuk kegiatan naik gunung sebaiknya pilihlah yang menggunakan bahan dengan campuran polar dan Dacron agar lebih hangat. Hanya saja memang untuk harga sedikit lebih mahal dibandingkan dengan bahan yang lainnya.

  1. Memilih sleeping bag yang panjangnya sesuai dengan tinggi badan Anda.
Hal ini penting sekali diperhatikan agar sleeping bag yang Anda beli cukup untuk menampung tubuh Anda dari atas sampai kaki. Ujung kaki merupakan bagian yang perlu diperhatikan mengingat bagian tubuh ini sangat mudah menjadi dingin saat terkena udara bertekanan rendah.

  1. Pastikan sleeping bag memiliki resleting yang berfungsi dengan baik.
Resleting yang bermasalah padahal baru dibeli tentu sangat menjengkelkan. Untuk itu uji terlebih dahulu saat pembelian agar tidak menyesal. Agar tidur lebih hangat, resleting berukuran lebih kecil dan rapat akan lebih membuat sleeping bag hangat saat dipakai.

  1. Tidak terpaku dengan brand.
Merk import biasanya memiliki kualitas yang baik. Akan tetapi, rata-rata harga jual sleeping bag merk import relatif lebih mahal untuk didapatkan. Jika Anda memiliki budget terbatas, maka memilih brand dalam negeri yang berkualitas dengan harga yang bersahabat juga tidak masalah.

Jual Sleeping Bag: Tips Memilih Sleeping Bag yang Tepat untuk Mendaki Gunung Jual Sleeping Bag: Tips Memilih Sleeping Bag yang Tepat untuk Mendaki Gunung Reviewed by Admin on 00.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.