Cacing Tambang Penyebab Cacingan

Sedikitnya terdapat 5 jenis cacing yang menjadi penyebab utama terjadinya serangan cacingan, baik pada anak-anak ataupun orang dewasa. Kelima jenis cacing tersebut adalah cacing kremi, cacing gelang, cacing cambuk, cacing tambang serta cacing pita.



Masih mennurut sumber yang sama, dikatakan juga bahwa hampir 16% penduduk Indonesia mengalami serangan cacingan yang menyerang anak-anak dan sebagian besar dipicu oleh kurangnya menjaga kebersihan diri. Bagaimana cacing tambang penyebab cacingan ini bisa menyerang?

Agar terhindar dari cacingan yang disebabkan oleh cacing tambang, perlu kiranya mengetahui bagaimana cacing tambang penyebab cacingan ini bisa menyerang dan menginfeksi tubuh, yaitu:

Kebersihan diri. Cacing tambang biasa hidup di dalam lumpur atau tanah yang lembab, sehingga masuknya larva cacing tambang dalam tubuh manusia bisa disebabkan karena kurangnya menjaga kebersihan diri seperti tidak mencuci tangan sebelum mengkonsumsi makanan, menggunakan tangan kosong untuk makan serta kuku jari yang dibiarkan panjang. Mandi minimal dua kali sehari juga jangan dilupakan.

Alas kaki. Walaupun mungkin terdengar sepele, tetapi alas kaki merupakan salah satu cara yang efektif mencegah terjadinya masuknya larva cacing tambang ke dalam tubuh. Menurut salah seorang praktisi medis, dikatakan bahwa larva cacing tambang yang berukuran 1mm bisa menembus lapisan kulit pada kaki karena mulutnya yang berbentuk seperti bor atau kait. Sudah menjadi kebiasaan anak ketika bermain pada tanah berlumpur, alas kaki selalu ditanggalkan. Jangan lupa untuk mengajarkan anak untuk selalu menggunakan alas kaki ketika bermain.

Waspada. Ketika tanda-tanda umum gejala cacingan seperti tubuh kurus dan perut buncit ini disertai juga dengan lemas, lesu dan pucat, maka bisa jadi terdapat lebih dari satu cacing tambang di dalam tubuh. Cacing tambang biasa menghisap darah untuk hidup dan tumbuh, sehingga menyebabkan penderitanya mengalami anemia. Untuk itu waspadalah pada gejala awal cacingan.

Setelah mengetahui bagaimana cacing tambang penyebab cacingan ini bisa menyerang dan menginfeksi tubuh. Melakukan tindakan pencegahan dengan mengkonsumsi ramuan tradisional seperti temu ireng dan sambiloto secara rutin sebaiknya bisa dipertimbangkan. Ingat semboyan kakek nenek dahulu, lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga bermanfaat.
Cacing Tambang Penyebab Cacingan Cacing Tambang Penyebab Cacingan Reviewed by Admin on 21.09 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.