Mengenal Beragam Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh


Gandum kering merupakan salah satu bahan makanan yang kerap kali digunakan untuk menu sarapan pagi. Makanan ini kerap kali dicampurkan dengan cairan baik air hangat ataupun susu sebagai bahan pelumas agar gandum kering menjadi bubur yang dapat dikonsumsi sebagai sarapan pagi. Tidak hanya itu beberapa tambahan toping seperti buah segar dan toping lainnya biasanya juga seringkali kita jumpai diberikan pada racikan bubur gandum ini sesuai dengan selera dari penikmatnya. Tahukah Anda gandum kering atau yang biasa disebut dengan oatmeal ini jika digunakan sebagai bahan sarapan pagi secara rutin, akan dapat membawa manfaat positif tersendiri bagi kesehatan tubuh kita.



Dalam satu gelas oat yang telah diseduh, di dalamnya telah mengandung 150 kalori, 6 gram protein, 3,5 gram lemak, serta 4 gram serat. Kandungan pada satu gelas oat ini telah mencukupi kebutuhan energi yang diperlukan dalam tubuh. Selain itu kandungan serat yang kaya. Diyakini mampu menimbulkan rasa kenyang dalam perut lebih lama, sehingga rasa lapar yang berlebihan pun dapat dihindari. Dari kandungan serat inilah, maka oat banyak direkomendasikan sebagai bahan makanan utama bagi mereka yang memang sedang melaksanakan program diet.

Berikut ini beberapa manfaat lain yang memang dimiliki gandum oat dan dapat menyehatkan tubuh mereka yang mengkonsumsinya, diantaranya adalah:

  1. Antioksidan, segelas oat yang Anda buat mengandung antioksidan tinggi yang memang dikenal memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seperti memperlancar aliran darah sehingga tekanan darah dapat dikontrol dengan baik, serta mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dalam tubuh.
  1. Pengatur gula darah, kandungan serat larut atau yang biasa dikenal dengan beta glucan, merupakan serat yang memang mampu meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga kontrol gula darah dalam tubuh dapat terjaga dengan baik. Selain mampu mencegah meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh, makanan ini juga dikenal mampu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga sangat direkomendasikan bagi mereka yang memang menderita diabetes sebagai makanan konsumsi sehari-hari.
  1. Penyedia banyak vitamin dan mineral bagi tubuh, dimana kandungan vitamin dan mineral pada oat memang diyakini mampu menghadirkan nilai gizi yang penuh bagi tubuh. Mengkonsumsi oat setiap hari berarti Anda telah mendapatkan kebutuhan vitamin dan mineral untuk melakukan aktivitas penuh, tanpa terganggu rasa lapar. Dari kandungan vitamin dan mineral inilah oat juga direkomendasikan bagi mereka yang menjalankan diet sehat dan pembentukan tubuh.
  1. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, dengan mengkonsumsi oat secara teratur kandungan kolesterol jahat dalam tubuh dapat secara signifikan Anda hilangkan. Kadar beta glukan dalam oat inilah yang mampu menghilangkan lipoprotein densitas rendah atau yang dikenal masyarakat umum sebagai kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan pengurangan kadar kolesterol jahat inilah, berbagai serangan penyakit dapat kita tangkal dengan mudah.

Bagi Anda yang memang memiliki keinginan untuk hidup sehat dan terbebas dari segala bentuk ancaman penyakit, ada baiknya Anda menggunakan oatmeal ini sebagai makanan pokok, terutama ketika sarapan pagi. Selain tubuh menjadi lebih sehat, diet yang sempurna dengan bentuk tubuh yang terjaga, dapat Anda peroleh dengan mudah. Selain mengkonsumsi oat, Anda juga dapat menambahkan berbagai sayuran hijau sebagai penyeimbang serta melakukan olahraga yang tepat dan tidak berlebihan. Mulailah dari sekarang untuk mengubah pola makan dan pola hidup demi kesehatan yang memang mahal harganya.

Mengenal Beragam Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh Mengenal Beragam Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan Tubuh Reviewed by Admin on 21.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.